Selasa, 04 Desember 2012

7 Tanda Obsesi Anda pada Olahraga Bisa Membahayakan Tubuh


Jakarta - Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan olahraga atau latihan fisik sangatlah penting. Tapi jika olahraga dilakukan terlalu berlebihan sampai memforsir tenaga, yang terjadi bukanlah menjadi sehat melainkan gangguan kesehatan. Ini tanda-tandanya Anda sudah olahraga secara berlebihan dan sebaiknya segera diwaspadai, dikutip dari Gal Time.

1. Tidak Berkompromi pada Kesehatan
Ada kalanya jadwal rutinitas sangat padat sehingga jam tidur berkurang dan tubuh terasa tidak fit. Jika saat mengalaminya Anda merasa bersalah karena tidak bisa berolahraga, itu adalah masalah yang harus dihindari. Bila Anda cedera, mengalami demam atau kurang tidur tapi tetap menganggap pergi ke gym sangat penting, itu sudah jadi masalah yang harus diatasi. Olahraga rutin memang perlu, tapi tidak apa sesekali jadwal olahraga dilewatkan.

2. Latihan adalah Kewajiban
Walaupun latihan di gym dapat menimbulkan rasa senang, namun tidak seharusnya hal tersebut dijadikan kewajiban. Lakukanlah latihan pada selang waktu yang seharusnya, karena jika terlalu memaksakannya setiap hari maka kegiatan latihan tidaklah menyenangkan lagi.

3. Kalori adalah Musuh
Jika setiap kali mengonsumsi makanan Anda menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membakar kalorinya kembali, maka mungkin saja Anda sudah terobsesi. Hindarilah dengan tidak perlu terlalu mengkhawatirkan kalori yang masuk ke tubuh karena tubuh juga membutuhkan asupan kalori untuk tenaga.

4. Turun Berat Badan Drastis
Seseorang yang mengalami obesitas cenderung mengalami penurunan berat badan secara drastis saat awal diet dan olahraga. Padahal, dengan menurunkan berat badan lebih dari 1.3 kg per minggu maka berarti Anda memaksakan diri terlalu keras.

5. Tidak Seimbang
Jangan sampai jadwal latihan yang padat merenggut kebahagiaan karena harus melewati aktivitas yang disukai. Luangkan waktu untuk bersosialisasi bersama teman-teman atau keluarga karena hal tersebut tidak kalah pentingnya dengan berolahraga.

6. Rawan Cedera
Orang yang rajin berolahraga cenderung mudah mengalami cedera karena otot yang terus bekerja. Jika tengah mengalami cedera, janganlah memaksakan diri untuk rutin berolahraga melainkan istirahatkanlah diri agar kesehatan Anda dapat pulih.

7. Kehabisan Tenaga
Olahraga memberikan tenaga memang merupakan fakta. Namun, jika melakukan olahraga secara berlebihan maka Anda malah akan merasa lelah dan kehabisan tenaga.

(hst/kik)
Bersumber dari : Hestianingsih - wolipop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar