Minggu, 09 Desember 2012

Cara Membuat Pesta Ultah Anak dengan Budget Hemat


Jakarta - Saat memiliki anak, uang tidak hanya keluar untuk kebutuhan, makan, pakaian dan mainan. Ketika anak akan berumur setahun, para orangtua mulai berpikir untuk membuat pesta ulang tahun. Bagaimana membuat pesta dengan budget terbatas?

Merayakan ulang tahun anak seringkali membuat orangtua yang memiliki dana terbatas menjadi berkecil hati. Apalagi jika dilihat-lihat, banyak sekali kebutuhan pesta yang harus dibeli. Namun jika anak yang berulang tahun masih berusia balita, pesta mewah tidak terlalu diperlukan.

Ada banyak cara untuk membuat pesta dengan dana minimal. Pertama, dimulai dari undangan. Ketimbang membeli undangan jadi, Anda bisa mulai dengan membikinnya sendiri. Coba potong kertas warna-warni menjadi 6-8 bagian. Lalu buatlah menjadi sebuah puzzle. Sebuah undangan unik pun tercipta.

Selain undangan, yang juga bisa dihemat saat membuat pesta ulang tahun anak adalah membeli goodie bag dan isinya. Jangan membeli goodie bags di supermarket atau mall. Kenapa tidak datang ke pasar-pasar seperti Mangga Dua atau Glodok, untuk mendapatkan aneka bentuk goodie bags dengan harga miring. Di sana juga ada banyak isi goodie bag non makanan yang bisa dibeli. Misalnya saja peralatan sekolah, peralatan makan atau boneka.

Soal isi goodie bag ini, sebenarnya anak-anak juga tidak butuh benda-benda mahal. Sebotol permainan gelembung, crayon, stickers, tempat minum atau beberapa biskuit, bisa jadi pilihan yang dapat menghemat biaya.

Bingung soal dekorasi pesta? Tak perlu membuat rumah dihiasi dengan tema-tema princess atau satwa. Coba alternatif lain dengan membuat permainan untuk setiap tamu yang baru datang, sehingga mereka tidak akan lagi fokus melihat dekorasi ruangan. Misalnya saja, ajak tamu-tamu kecil itu untuk membuat mainan atau hiasan dari kertas bekas. Beri mereka permen atau cokelat setelah selesai membuat.

Berhemat dalam urusan kue ulang tahun juga bisa dilakukan. Anak-anak biasanya tidak terlalu pemilih saat memakan kue. Mereka sudah pasti suka sesuatu yang manis. Jadi, mengapa Anda tidak mencoba membuat kue ulang tahun sendiri. Selain lebih hemat, tentu saja lebih sehat. Kue yang dibeli dari toko biasanya mengandung pengawet.

Masih ada cara-cara lain yang bisa dilakukan untuk memangkas budget pesta ulang tahun si kecil. Jelajahi internet dan perspustakaan untuk mendapatkan ide-ide
kreatif. Nikmati saat melakukan itu dan buatlah pesta yang menyenangkan serta berkesan!

(eny/eny)
Bersumber dari : Eny Kartikawati - wolipop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar