Sabtu, 24 Desember 2011

Melongok Gua Tempat Sang Putri Dikutuk Jadi Batu

Laporan Wartawan Sriwijaya Post, Leni Juwita

TRIBUNNEWS.COM - Obkjek wisata Gua Puteri semakin hari semakin menantang untuk dikunjugi, gua yang menyimpan kekayaan budaya tinggalan sejarah dan legenda ini bukan saja menawarkan wisata alam yang menakjubkan. Tapi juga wisata budaya, wisata sejarah , bahkan sedang digagas menjadi wisata olahraga dengan memanfaatkan Sungai Mendingin sebagai tempat olargah air arung jeram (wisata terpadu).

Obyek wisata yang terletak di Desa Padangbindu Kecamatan Semidangaji (sekitar 35 KM dari Kota Baturaja) dapat ditempuh sekitar 30-40 menit dengan kendaraan roda dua atau roda empat melalui Jalinsum kendaraan pengunjung bisa diparkir diobyek wisata (depan mulut gua). Gua Puteri mudah dijangkau dari Palembang sekitar 230 KM, dari tepi jalan besar pengunjung cukup berjalan kaki sejauh sekitar 800 meter.

Perjalanan kaki Anda tidak akan sia-sia, karena sebelum masuk Gua Puteri anda sudah disambut oleh "batu puteri". Batu puteri konon menurut legenda batu yang mirip puteri di muara Sungai Ogan ini adalah Puteri Dayang Merindu (anak Raja Balian) yang berubah wujud menjadi batu setelah dikutuk oleh si Pahit Lidah karena kesombongannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar