Selasa, 10 Januari 2012

HFMD/Flu Singapura

Akhir-akhir ini sering ada istilah flu singapura. sebenarnya dalam istilah medis tidak dikenal istilah flu singapura tetapi penyakit tersebut lebih dikenal dengan nama penyakit kaki, tangan, dan mulut (HFMD= Hand, Foot, and Mouth Disease). Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus coxsackie atau enterovirus lainnya dan seringkali menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun.

Tanda dan gejala biasanya didahului dengan demam ringan selama 1-2 hari, lalu muncul bintik kemerahan dengan cairan di dalamnya yang mengenai daerah tangan, kaki dan mulut saja. Paling sering timbul di mulut terutama di daerah dalam pipi dan langit-langit mulut seperti sariawan. Kadang bisa disertai nyeri tenggorokan dan anak menjadi sulit makan. Biasanya keadaan ini berlangsung sekitar 3-6 hari.

Terapi dari HFMD sendiri tidak ada yang spesifik. HFMD termasuk penyakit self limiting yang artinya dapat sembuh sendiri oleh karena sistem imun yang baik. Penyakit ini jarang berbahaya, dan obat-obatan yang dapat diberikan adalah obat-obat simtomatik seperti parasetamol sirup untuk mengurangi demam dan rasa sakitnya. Penyebab dari HFMD ini bermacam-macam virus dari kelas enterovirus, jadi anak Anda dapat terkena penyakit ini meskipun sebelumnya sudah pernah (dapat lebih dari 1 kali terkena penyakit ini). Yang perlu diperhatikan adalah jaga jangan sampai anak Anda kekurangan cairan atau dehidrasi karena hal tersebut berbahaya. Meskipun anak mengeluh sakit waktu makan dan minum, pemasukan cairan harus tetap dijaga. Bila anak tidak mau minum sama sekali, mungkin ada baiknya anak dirawat di rumah sakit untuk menjaga pemasukan cairan.

Penyakit ini sangat menular, terutama pada minggu pertama sakitnya. Jauhkan anak yang sehat dengan anak yang sedang sakit. Penularan terjadi melalui kontak langsung cairan hidung dan tenggorok, saliva, cairan dari blister atau tinja pasien. Masa penularan terbesar adalah pada minggu pertama sakit.

Bersumber dari : www.kiddiecarecentre.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar